Lembaga Pendidikan

RIBUAN ANAK DARI JAKARTA DAN KEPULAUAN SERIBU MANASIK HAJI DI JAKARTA ISLAMIC CENTRE

JIC– Sebanyak 1093 peserta dari 50 Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Se-DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu mengikuti kegiatan Manasik Haji di Jakarta Islamic Centre, Sabtu (30/9/2023).

Dalam sambutannya Kepala SubDivisi Pembinaan Remaja dan Anak Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta mengatakan, kegiatan yang digagasnya ini bertujuan untuk mengenalkan ibadah haji yang merupakan bagian dari rukun Islam yang ke-lima.

“Bahwa peragaan manasik haji bagi anak usia dini akan memberikan kesan mendalam dalam jiwa dan alam bawah sadar anak sehingga dapat membentuk karakter patuh dan tunduk kepada nilai-nilai keagamaan. Kepatuhan terhadap nilai-nilai keagamaan akan mendorong manusia untuk tetap mendekatkan diri kepada sang Khaliq, ujarnya di Convention Hall Jakarta Islamic Centre, Sabtu (30/9/2023).

Fatih menjelaskan peserta menggunakan pakaian layaknya jamaah haji di Mekkah serta mengikuti tahapan-tahapan dalam pelaksanaan ibadah haji.

“Beberapa tahapan yang dilaksanakan oleh anak-anak diantaranya tawaf (mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali, red), kemudian melaksanakan Sa’i (berlari-lari kecil bolak-balik 7 kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya, red) dan melontar atau melempar jumrah,” terangnya.

Sementara itu Wakil Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta DR.KH. Didi Supandi, MA mendukung penuh kegiatan Manasik Haji yang diselenggarakan di Convention Hall dan Gedung Sosial Budaya Jakarta Islamic Centre.

“PPIJ mendukung penuh kegiatan manasik haji anak-anak  se-Jakarta sebagai wujud kepedulian PPIJ dalam pendidikan anak-anak menuju generasi emas Indonesia,” kata Kiai Didi kepada islamic-center.or.id.

“Selain itu juga hal ini bagian dari upaya mencerdaskan bangsa, karena dalam pembangunan manusia seutuhnya itu tidak hanya pada aspek jasmani tetapi juga aspek spiritual,” pungkasnya.

Acara yang berlangsung hingga menjelang Dzuhur ini dihadiri oleh para pengurus Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta diantaranya, KH Mastur Anwar (KaSubdiv Dakwah PPIJ), ust Toni Fathoni (Koordinator Birena), ust Aep Saefullah (KaSubdiv Peribadatan PPIJ), ust Farid Broto (Kasubdiv Penerbitan), ust Taufik (Kasubdiv Tata Usaha), ust Arif Syukur (Kasubdiv Seni Budaya), Niswati (Kasubdiv Perpustakaan).



Leave a Reply